Ingin Cepat Berkembang, Pelaku Usaha Harus Miliki Laporan Keuangan

Home / Berita / Ingin Cepat Berkembang, Pelaku Usaha Harus Miliki Laporan Keuangan
Ingin Cepat Berkembang, Pelaku Usaha Harus Miliki Laporan Keuangan Suasana pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Bisnis Start UP di Kampus UMY pada Sabtu (8/18/2018). (FOTO: Humas UMY/TIMES Indonesia)

TIMESPURWOREJO, YOGYAKARTA – Tak semua pelaku usaha peduli terhadap pembukuan laporan keuangan. Padahal, pengelolaan keuangan sangat penting untuk melihat arus keluar masuk keuangan.

"Jika usaha ingin cepat berkembang maka pelaku usaha harus punya laporan keuangan,” kata Pimpingan Bank Syariah BPD DIY Cabang Cik Ditiro Yogyakarta, Drs Supriyanto MM pada acara Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Bisnis Start UP di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu (8/18/2018).

Menurutnya, laporan keuangan merupakan suatu hal penting dalam memantau pertumbuhan suatu bisnis. Namun demikian, pelaku usaha kecil sering abai terhadap pembukuan keuangan seperti pedagang pasar, pemilik toko klontong dan pelaku usaha kecil lainnya.

Padahal, bila pelaku usaha tak memiliki pembukuan yang detail maka akan sulit mengontrol keuangan. Jika pelaku usaha tak mampu mengontrol maka usaha tersebut akan cepat merugi dan bangkrut.

“Semua jenis usaha atau bisnis dalam bentuk apapun itu. Jika tidak mengelola laporan keuangannya dengan tertib dan tepat, maka akan campur aduk. Atau dalam artian akan mengalami kebangkrutan,” tegas Supriyanto.

Karena itu, Supriyanto mengajak seluruh wirausahawan terutama tingkat kecil dan yang baru memulai usaha (start up) untuk mengelola laporan keuangan dengan baik. Bahkan sebelum binsnis berjalan, laporan keuangan harus sudah diperhatikan.

“Pikirkan lalu garap laporan keuangan sejak dini. Tujuannya agar kita dapat mengetahui usaha kita ini nantinya akan untung atau malah buntung,” papar Supriyanto. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com