Persyaratan Pembentukan Desa Sadar Hukum Diperketat

Home / Berita / Persyaratan Pembentukan Desa Sadar Hukum Diperketat
Persyaratan Pembentukan Desa Sadar Hukum Diperketat Menkumham, Yasonna H Laoly saat memandatangani diresmikannya Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Medan, Jumat (7/12/2018). (FOTO: Kemenkumham)

TIMESPURWOREJO, MEDAN – Persyaratan pembentukan Desa/Kelurahan Sadar Hukum, tahun 2018 diperketat dan lebih komprehensif.

"Yang jelas indikasinya harus mengandung banyak dimensi sesuai tuntutan zaman," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly di Medan, Jumat (7/12/2018).

Keberadaan Yasonna di Medan dalam rangka meresmikan 17 Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang tersebar di 15 Kecamatan pada 2 Kota (Pematang Siantar dan Tanjung Balai) dan 4 Kabupaten (Labuhan Batu Utara, Pakpak Barat, Batubara, dan Nias).

Menurut Yasonna, untuk mendapatkan predikat desa tersebut harus memenuhi beberapa kriteria dan persyaratan baru. Indikatornya yang lebih komprehensif sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman yang mencakup beberapa dimensi di antaranya Dimensi Akses Informasi Hukum, Dimensi Implementasi Hukum, Dimensi Akses Keadilan, serta Dimensi Demokrasi dan Regulasi.

“Masing-masing dimensi tersebut memiliki bobot penilaian yang bisa menggambarkan kualitas kesadaran hukum masyarakat di setiap wilayah Desa/Kelurahan. Desa/Kelurahan yang memiliki tingkat kesadaran hukum tinggi-lah yang dapat dikukuhkan sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum,” katanya.

Lebih jauh dikatakan, bahwa penetapan Desa/Kelurahan Sadar Hukum merupakan salah satu upaya bersama untuk menguatkan keberadaan Negara Indonesia sebagai negara hukum sebagaimana ditegaskan dalam UUD 1945.

“Wujud negara hukum akan sangat terlihat dari tingkat kepatuhan masyarakatnya terhadap hukum yang merupakan kunci bagi terciptanya kehidupan bernegara dan bermasyarakat yang aman, tertib dan damai,” ujar Yasonna. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com